(Bukittinggi, Selasa/31 Januari 2023). Di ruang rapat Wakil Rektor 1 Kampus II UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, telah berlangsung sosialisasi instrumen pemantauan akreditasi program studi Fakultas dan program Pascasarjana. Sosialisasi ini dipimpin oleh Wakil Rektor 1, Dr. H. Asyari, S.Ag., M.Si dan dipandu oleh tim LPM, Yolanda Rahmi Safitri, M.Si, yang sebelumnya sudah ditugaskan oleh ketua LPM, Dr. Melyann Melani, SS, M.Pd. Sosialisasi ini ditargetkan untuk masing-masing Fakultas dan Program Pascasarjana agar dapat memantau progres akreditasi masing-masing program studi dalam naungannya. Dihadiri oleh Kepala Bagian setiap Fakultas dan Program Pascasarjana, sosialisasi ini menyasar setiap program studi, terutama yang akan akreditasi dalam waktu dekat.
Tim LPM sebelumnya sudah menyiapkan sebuah instrumen yang berisikan 9 kriteria untuk memantau akreditasi program studi di setiap Fakultas dan Program Pascasarjana. Yolanda menjelaskan bagaimana teknis pengisian instrumen dan bagaimana cara membaca hasil kesimpulan dari instrumen yang sudah dibuat. Instrumen ini dapat digunakan untuk memantau akreditasi program studi Sarjana, Magister dan Doktor di lingkungan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Dengan penjelasan dalam sosialisasi ini, diharapkan setiap unsur mampu meningkatkan status akreditasi masing-masing program studi dalam naungan Fakultas dan Program Pascasarjana.